Dear...

As simple as You created this world.
As meangingful as full as the happines can be.
As Light as feather taken by winds.

Writer

My photo
Bandung, West Java, Indonesia
I want everyone in Indoesia have the luxury of reading. Watching the world from a book.

Friday, February 08, 2008

Perempuan ya perempuan

"Soalnya aku kan perempuan..."

Line fave gue kalo gue udah kepepet. mungkin R.A. Kartini bakal ngelempar gue pake batu bata kalo dia masih hidup. soalnya line itu bener2 jadi senjata gue kalo gue udah ngga sanggup ngapain2 lagi. heheheh...

BAck to the problem, kemaren gue ngobrol dengan temen gue yang udah nikah. dia berkeluh kesah banyak banget. tentang kehidupannya setelah pernikahan. gimana akses dia jadi terbatas, ngga boleh ini ga boleh itu sama suaminya. trus gimana dia bener2 terkungkung dibalik tembok rrumahnya karena dia setiap hari harus masak, padahal ngga bisa masak. dan sang suami juga jujur pisan, kalo makanannya ga enak dibilang ga enak. dan hal ini merupakan hal yang paling disebelin temen gue. karena dia ngerasa di kekang.

Temen gue yang udah menikah lainnya, begitu seneng berenti kerja dan dia jadi ibu rumah tangga. dia bilang, dia seneng jadi ibu rumah tangga dan masak di rumah setiap hari.then i get it. sekarang gue tau apa perjuangan kartini.

Dulu gue kira kartini memperjuangkan supaya, perempuan punya hak yang sama dengan laki-laki. tapi gue rasa yang lebih tepat, kartini memperjuangkan kemerdekaan perempuan supaya setiap perempuan punya hak untuk memilih dan menjalani hidup sesuai dengan cara yang dia inginkan.

HAbis gelap, terussss terang!

2 comments: